cover
Contact Name
Ivan Putranto
Contact Email
ivanputranto@lkd-pm.com
Phone
+62 21 74771224
Journal Mail Official
jurnalmadani@lkd-pm.com
Editorial Address
Jalan Kiwi IV No. 7, Griya Pamulang Estate, Pamulang Timur, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Madani
ISSN : 26151995     EISSN : 26150654     DOI : 10.33753
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, adalah jurnal yang ditujukan untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora. Jurnal ini terbuka bagi masyarakat umum, yang ingin menerbitkan artikel-artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Keberadaan Jurnal ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi peningkatan kompetensi dosen dan juga sebagai alternatif bagi masyarakat umum dalam mempublikasikan hasil-hasil karyanya. Kami berharap Jurnal ini akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2: September 2018" : 12 Documents clear
PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, OPERATING LEVERAGE, DAN CURRENT RATIO TERHADAP RENTABILITAS Su patmin
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.767 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.15

Abstract

Pengelolaan unit usaha perusahaan sudah semestinya memerlukan tambahan dana untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dana adalah dengan financial leverage dan operating leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Leverage, Operating Leverage, dan Current Ratio terhadap Rentabilitas pada PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis melalui perhitungan, menyajikan data berdasarkan variabel yang diteliti serta penjelasan perkembangan setiap variabel untuk menjawab rumusan masalah, dan pengolahan data dengan statistik guna menguji hipotesis. Alat analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis statistik inferesial. Hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara parsial financial leverage, operating leverage, dan current ratio tidak mempengaruhi rentabilitas, tetapi secara bersama-sama ketiganya mempengaruhi rentabilitas.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INSTRUMEN PENUNJANG LABORATORIUM Ratih Andalusi
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.798 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan instrument penunjang laboratorium di PT Laborindo Sarana. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferesial yaitu: 1.Uji Validitas dan Reliabilitas, 2. Uji Asumsi Klasik, 3.Analisis Regresi Berganda, 4.Analisis Koefisien Determinasi (R2), 5. Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil Pengujian dan analisisnya menunjukkan: 1) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Laborindo Sarana karena nilai signifikan diatas 0,05 dan nilai thitung (0,512) < nilai ttabel (1,988) dengan bentuk pengaruhnya adalah positif karena nilai koefisien regresi kualitas pelayanan bernilai positif, yaitu 0,037. 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Laborindo Sarana karena nilai signifikan (0,000) dibawah 0,05 dan nilai thitung (8,589) > nilai ttabel (1,988) dengan bentuk pengaruhnya adalah positif karena nilai koefisien regresi harga bernilai positif, yaitu 0,467. 3) Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Laborindo Sarana karena nilai signifikan diatas 0,05 dan nilai thitung (0,030) < nilai ttabel (1,988) dengan bentuk pengaruhnya adalah positif karena nilai koefisien regresi kualitas pelayanan bernilai positif, yaitu 0,002. 4) Kualitas pelayanan (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3), berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) karena nilai signifikan (0,000) dibawah 0,05 dan nilai Fhitung (24,855) > nilai Ftabel (2,70) dengan besarnya pengaruh Kualitas pelayanan (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3) terhadap kepuasan pelanggan instrumentasi penunjang laboratorium PT Laborindo Sarana sebesar 42%.
ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN PUBLIK, KEPEMILIKAN ASING DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Sa irin
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.305 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pengaruh kepemilikan publik, kepemilikan asing, debt to assets ratio dan times interest earned terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan Tobin’s Q. Sampel penelitian ini adalah perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2011-2013. Data pada penelitian ini diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh sebanyak 16 perusahaan sebagai sampel dalam penelitian ini. Untuk menjawab persoalan penelitian yang ada digunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan publik dan kepemilikan asing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. rasio hutang/aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, rasio laba sebelum bunga dan pajak/beban bunga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP PROFITABILITAS Nor Yani
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.504 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank BUMN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis melalui perhitungan, menyajikan data berdasarkan variabel yang diteliti serta penjelasan perkembangan setiap variabel untuk menjawab rumusan masalah, dan pengolahan data dengan statistic guna menguji hipotesis. Alat analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis statistik inferesial yaitu: 1. Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda, 2. Koefisien Determinasi (R2), 3. Analisis Koefisien Korelasi, 4. Analisis Koefisien determinasi 5. Uji Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut :1.Tidak terdapat pengaruh signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA), dengan kontribusi pengaruh sebesar 7,0%. Dan nilai thitung sebesar -2,229 dengan signifikansi t sebesar 0,984. 2.Tidak terdapat pengaruhsignifikan antara Non Performing Loan (NPL), dengan kontribusi pengaruh sebesar 5,2 Dan nilai thitung sebesar -1,448 dengan signifikansi t sebesar 0,156. 3. Tidak terdapat pengaruh signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Asset (ROA), dengan kontribusi pengaruh sebesar 10,7%. Dan nilai Fhitung sebesar 2,225 dengan signifikansi F sebesar 0,122.
PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN Jas mani
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.569 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada PT. Bisma Narendra di Jakarta. Metode yang digunakan adalah explanatory research, dan pengujian hipotesis. Dengan teknik survei, menyebar kuesioner dengan skala Likert. Teknik penentuan memakai sampling jenuh dengan 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferesial yaitu: 1.Uji Validitas dan Reliabilitas, 2. Uji Asumsi Klasik, 3.Analisis Regresi Berganda, 4.Analisis Koefisien Korelasi, 5.Analisis Koefisien Determinasi (R2), 6. Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, dengan korelasi positif 0,639 dan kontribusi pengaruh sebesar 40,8%. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 6,324 dengan signifikansi t sebesar 0,000. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, dengan korelasi positif 0,579 dan kontribusi pengaruh sebesar 33,5%. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 5,405 dengan signifikansi t sebesar 0,000. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar dan inovasi produk secara simultan terhadap kinerja pemasaran dengan korelasi positif 0,689 dan mempunyai kontribusi pengaruh sebesar 47,5% dan sisanya sebesar 52,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung sebesar 25,746 dengan signifikan F sebesar 0,000.
PENGARUH BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS Su timan
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1267.8 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya operasional terhadap profitabilitas pada PT Gemilang Abadi. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif dengan data laporan keuangan tahun 2013-2017. Hasil penelitian biaya operasional dalam 5 (lima) tahun jumlahnya berfluktuatif. Tahun 2010 biaya operasional sebesar Rp.8.548.784.553, tahun 2011 turun mengalami penurunan menjadi Rp.7.125.514.453, tahun 2012 mengalami kenaikan menjadi Rp.8.920.022.175, tahun 2013 turun menjadi Rp. 8.762.891.353 dan tahun 2014 mengalami kenaikan menjadi Rp.8.867.594.334. Profitabilitas presentasenya berfluktuatif. Tahun 2010 profitabilitas sebesar 8,51%, tahun 2011 sebesar 7,12%, tahun 2012 mengalami kenaikan menjadi 8,36%, tahun 2013 menjadi 6,23% dan tahun 2014 sebesar 8,01%. Pengujian statistik diperoleh persamaan regresi Y = 2,573 + 0,001x diartikan jika biaya operasional tidak dipertimbangkan atau (X = 0) maka profitabilitas adalah sebesar 0,001%. Koefisien korelasi diperoleh 0,886 dan determinasi sebesar 0,785 atau 78,5% sedangkan sisanya 21,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (3,313 > 3,182) dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara biaya operasional terhadap profitabilita dapat diterima.
PENGARUH PROMOSI DAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI Fauziah Septiani
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.721 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan produk terhadap minat beli pada PT. Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta. Metode yang digunakan adalah explanatory research, dan pengujian hipotesis. Dengan teknik survei, menyebar kuesioner dengan skala Likert. Teknik penentuan memakai sampling jenuh dengan 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferesial yaitu: 1.Uji Validitas dan Reliabilitas, 2. Uji Asumsi Klasik, 3.Analisis Regresi Berganda, 4.Analisis Koefisien Korelasi, 5.Analisis Koefisien Determinasi (R2), 6. Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut : (1.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap minat beli, dengan korelasi positif 0464 dan kontribusi pengaruh sebesar 21,5%. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 5,182 dengan signifikansi t sebesar 0,000. (2.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara produk terhadap minat beli, dengan korelasi positif 0,438 dan kontribusi pengaruh sebesar 23,6%. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 5,405 dengan signifikansi t sebesar 0,000. (3.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi dan produk secara simultan terhadap minat beli dengan korelasi positif 0,601 dan mempunyai kontribusi pengaruh sebesar 36,1% dan sisanya sebesar 63,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung sebesar 27,400 dengan signifikan F sebesar 0,000.
PENDEKATAN MODEL MARKOV SWITCHING PADA PASAR MODAL INDONESIA Iman Lubis
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.331 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.22

Abstract

This research confirms the truth that the Indonesian capital market is the smallest risk market or a stable market. The method approach in this research is the Markov Switching Regime Model approach. The data used are daily data from 1990 to 2018. The amount of data is adjusted to the start of the market index. The result is that almost all indices are not recommended besides the development board index, the miscellaneous industry index, the Indonesian FTSE index, the LQ-45 index, the 30 stock index, and the shariah index. Abstrak Penelitian ini memastikan kebenaran bahwa pasar modal Indonesia merupakan pasar saham terkecil resikonya atau pasar yang stabil. Pendekatan metode pada penelitian ini adalah pendekatan Markov Switching Regime Model. Data yang digunakan adalah data harian dari tahun 1990 sampai 2018. Jumlah data disesuaikan dengan dimulainya indeks pasar. Hasilnya adalah hampir semua indeks tidak direkomendasikan selain indeks development board, indeks miscellaneous industry, indeks ftse Indonesia, indeks LQ-45, indeks 30 saham, dan indeks shariah. Kata Kunci: Markov Switching, Pasa Modal, dan Investasi Stabil
HUKUM HADIAH AL-FATIHAH KEPADA MAYIT DALAM PERSPEKTIF FIQH MUQARAN Ahmad Yani Nasution
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.07 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.23

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pandangan para ulama empat madzhab mengenai hukum menghadiahkan Al-Fatihah kepada mayit dalam perspektif fiqh muqaran. Menghadiahkan Al-Fatihah adalah kegiatan keagamaan yang dianggap sudah menjadi tradisi di Indonesia. Namun tradisi menghadiahkan Al-Fatihah ini menjadi sebuah perbincangan yang panas ketika ada kelompok masyarakat yang menganggap tradisi tersebut tidak bermanfaat, bid’ah, bahkan sesat. Tentunya setiap manusia menginginkan setiap amalan yang dilakukan bernilai ibadah yang mendatangkan pahala. Jika dilihat tujuan pensyariatan menghadiahkan Al-Fatihah ini adalah untuk mengirimkan pahala kepada mayit. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan yng mengkaji sumber dari kitab-kitab empat madzhab sebagai sumber primer. Selain itu juga digunakan sumber-sumber sekunder dan pendukung yang kemudian diproses secara deskiptif analisis. hasil penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana hukum menghadiahkan Al-Fatihah kepada mayit dari kalangan ulama ditinjau dari empat madzhab. Adapun kitab empat madzhab yang yng digunakan ialah kitab Al-fiqhu ‘Ala Mazahib Al-arba’ah, Syarah Aqidah Thohawiyah karya Muhammad bin abil izz, Al-Mughni Ibnu Quddamah, Al-Umm karya Imam besar Syafi’I, Kassyaf al-Qina’ karya al-Buhuty dan Mawahibu Al-Jalil. Setelah terkumpul pendapat semua mdzhab, kemudian dikomparasi antara pendapat madzhabb yang satu dengan yang lainnya kemudian dilakukan pentarjihan. Berdasarkan dari hasil analisis dalil yang disebutkan, peneliti berpendapat behwa pahala bacaan Al-Fatihah yang dilakukan oleh orang yang masih hidup akan sampai kepada mayit. Pentarjihan ini peneliti ambil dengan landasan bahwa selama tidak ada nash yang melarangnya maka hal tersebut diperbolehkan. Selain itu landasan tersebut diperkuat dengan adanya pendapat sebagian kalangan Hanafiyah, Malikiyah dan Hanabilah.
MEMBANGUN ETIKA QUR’ANI TERHADAP HARTA Husein Imbali
Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora Vol 1 No 2: September 2018
Publisher : Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.183 KB) | DOI: 10.33753/madani.v1i2.24

Abstract

Niat untuk meneliti dan menulis judul tesis ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang terkait dengan persoalan harta. Di satu sisi al-Qur’an merestui cara dan jalan yang ditempuh oleh sebagian manusia dalam mencari dan mengumpulkan harta. Tapi pada sisi lain al-Qur’an justru mengecamnya. Ketika al-Qur’an merestui cara manusia mengumpulkan harta, sebenarnya al-Qur’an dengan konsepnya ingin mengangkat derajat manusia melalui harta itu sendiri. Jenis dan corak penelitian ini adalah Library research yang bersifat analisis. Selanjutnya penelitian ini ingin fokus mencari konsep bagaimana pandangan al-Qur’an terhadap harta dengan menekankan pembahasannya pada tiga aspek, yakni; etika mencari, memiliki dan memanfaatkan harta. Dalam membangun etika mencari dan mengumpulkan kekayaan, al-Qur’an melarang tindakan yang merugikan orang lain, seperti transaksi illegal, berbuat curang, melakukan sistem riba dan semua tindakan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.Dalam membangun etika memiliki harta kekayaan, Tuhan mengapresiasi hal ini, hanya saja Dia mengingatkan agar manusia tidak loba, rakus dan kikir dalam memanfaatkan pemilikannya. Dalam memiliki kekayaan, manusia diharuskan bersikap sederhana, memperhatikan hak-hak orang lain dan tidak boleh angkuh. Salah satu bentuk keangkuhan manusia dalam pemilikan adalah menahan kekayaan melalui penimbunan.Demikian pula dalam membangun etika memanfaatkan harta, al-Qur’an mendorong untuk memanfaatkan fungsi kekayaan, seperti mengeluarkan zakat, infaq dan shadaqah sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib orang lain. Al-Qur’an memandang bahwa membelanjakan kekayaan dengan cara yang positif merupakan tindakan etis. Sebaliknya al-Qur’an melarang tindakan pemborosan, menghambur-hamburkan harta tidak pada tempatnya, dan membelanjakannya tidak pada lazimnya. Dengan demikian, kemuliaan dan kehinaan manusia bukan ditentukan kekayaan, melainkan sikap manusia dalam berinteraksi dengan harta kekayaan itu sendiri.

Page 1 of 2 | Total Record : 12